KKN Tematik Unram Berpartisipasi Dalam kegiatan Posyandu Keluarga Desa Sama Guna

Denawanto 25 Juli 2022 03:06:54 WIB

Desa Sama Guna - Kegiatan posyandu merupakan salah satu kegiatan rutin bulanan yang diadakan di Desa Sama Guna, kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan posyandu Desa Sama Guna ini sendiri, dilaksanakan pada enam dusun yang ada di Desa Sama Guna, yaitu Dusun Dasan tengak, Dusun Kapu, Dusun Montong, Dusun Sebaro, Dusun Gerenggeng, dan Dusun Bimbi Jangkar.

Posyandu keluara ini merupakan salah satu trobosan yang digalangkan pemerintah dalam upayanya menanggulangi masalah kesehatan melalui pendekatan keluarga. Kegiatan ini terdiri atas lima cakupan program utama yakni, KIA, KB, Imunisasi, Gizi, dan Diare. Posyandu keluarga memiliki tujuan untuk meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan dasar yang komprehensif, terintegrasi, dan sejalan dengan RPJMD provinsi NTB.

Posyandu yang terdapat di Desa Sama Guna bernama Posyandu Mekar Sari. Posyandu keluarga ini tidak hanya melayani batita dan balita, namun juga melayani ibu hamil dan lansia. Bidan yang bertugas di posyandu ini sebanyak satu orang yaitu ibu Dita Asmaya, dengan jumlah dari kader posyandu balita sebanyak 30 orang dan jumlah kader posyandu keluarga sebanyak 12 orang.

Setiap kegiatan posyandu keluarga ini dilaksanakan, diadakan juga pemberikan makanan tambahan (PMT). Pemberian PMT ini akan diberikan setelah kegiatan pelayanan posyandu baik daripenimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar lengan, pengukuran lingkar perut, serta pengukuran tensi pada balita, ibu hamil, maupun lansia telah selesai. Posyandu yang dilaksanakan di seluruh dusun di Desa Sama Guna ini memiliki sasaran ibu hamil sebanyak 45 orang, dan balita sebanyak 416 orang.

Penulis : KKN Tematik Unram Desa Sama Guna 2022

Komentar atas KKN Tematik Unram Berpartisipasi Dalam kegiatan Posyandu Keluarga Desa Sama Guna

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Waktu Hari Ini

Subscribe Youtube

PETA KANTOR DESA

Lokasi SAMA GUNA

tampilkan dalam peta lebih besar