PROFIL DESA SAMA GUNA

Denawanto 04 Mei 2021 23:45:13 WIB

PROFIL DESA SAMA GUNA

  1. SEJARAH DESA
    1. Selayang Pandang Desa Sama Guna

Desa Jenggala adalah salah satu desa yang ada di Lombok Barat wakru itu, yang saat ini menjadi bagian dari Desa-Desa yang ada di Kabupaten Lombok Utara, bila ditelisik lebih lanjut Desa jenggala yang penduduknya padat dan geografisnya luas, terhampar membentang dari pesisir pantai disebelah utara sampai ke selatan dikawasan hutan tutupan yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Narmada, maka pada tahun 2004 Pemerintah desa bersama BPD Desa Jenggala berinisiatif untuk memekarkan wilayah desa Jenggala, yang melahirkan Desa Baru dengan Nama Desa “SAMA GUNA”

Proposal pemekaran sudah siap BPD dan Pemerintah desa Jenggala mengantarkan langsung ke Kepala Bagian Pemerintahan di kabupaten Lombok Barat, Setelah dipelajari pleh Kabag Pemerintahan maka sampailah pada suatu kesimpulan yaitu pemekaran Desa Jenggala ini belum bisa dikabulkan dengan alasan bahwa, untguk kepentingan yang lebih besar dari sekedar hanya sekedar kepentingan pemekaran suatu Desa, yakni dimulainya persiapan pemekaran Kabupaten Lombok Barat yang melahirkan Kabupaten Baru yang diberi nama Kabupaten Lombok Utara. Dengan alasan tersebut maka kami dari unsur Pemerintahan Desa Jenggala dengan legowo menerima alasan tersebut sehingga pemekaran Desa jenggala Belum Bisa Terkabulkan.

Seiring berjalannya waktu beberapa elemen masyarakat Desa tetap merajut asa, bermimpi dan terus bermimpi seolah-olah pemekaran desa ini menjadi Ciata-cita yang digantungkan setinggi langit, maka ketika saat dan kesempatan itu tiba, tercatatlah pada tanggal 24 November 2014 digelarlah musyawarah desa yang diprakarsai oleh BPD Jenggala yang salah satu kesepatannya adalah “Menyetujui dan Menyepakati pembentukan dan pemekaran Desa Jenggala Menjadi 2 Yaitu Desa Induk dan Desa Persiapan”.

Tindak lama berselang waktu tepatnya tanggal 07 Desember 2014 terbitlah surat keputusan Kepalka desa jenggala Nomor : 21 Tahun 2014 Tentang pemekaran Desa Jenggala dengan nama Desa Persiapan “ Sama Guna” sebagai Desa Baru.

Waktu terus berjalan tanpa henti, menyebabkan kita akan terhitung jauh jika berdiam diri, tetapi dalam diampun rekan-rekan tetap membuat target dalam bekerja untuk memenuhi persyaratan untuk memenuhi persyaratan-persyartan yang akan diajukan kepada kepada pemerintah Daerah sebagai mana Desa-desa lain untuk menjadi Desa Definitif. Pekerjaan teman-teman yang tergabung dalam kepanitiaan ternyata tidak sia-sia, karena pada tanggal 17 juni 2015 terbentuklah Desa baru Yaitu Desa Persiapan “Sama Guna” yang ditandai peresmiannya dan sekaligus pelantikan pejabat Kepala desa Persiapan “Sama Guna” yang pertama Bapak Wardoyo, S.Pd oleh Bupati Lombok Utara (H. Djohan Syamsu, SH)

Antara percaya dan tidak, maka pelayanan masyarakat terkait dengan surat menyurat dan administrasi lainnya dimulailah, dalam perjalanan menghabiskan banyak waktu, tenaga, pemikiran, dan perasaan, bahkan bersamaan dengan itu muncul berbagai isu dan fitnah bahwa kita ini sebang di Bully, mana mungkin desa ini bisa mekar, dengan kondisi yang serba terbatas, fasilitas yang tidak memadai, apalagi adanya beberapa pihak yang mengaikatkan dengan ingar bingarnya politik saat itu. Namun kami bersama dengan teman-teman panitia yang lain tetap setia dan istiqomah dalam perjuangan tidak oleh massa, tidak lekang karena panas dan tidak luntur oleh hujan, semuanya justru menjadi stimulus dan penyemangat dalam menunjukan pengabdian yang sesungguhnya.

Rupa-rupanya atas keikhlasn dan seluruh perjuangan dalm merih cita-cita ini, terjawablah dengan dikeluarkannya PeraturanBupati Lombok Utara Nomor 12 Tahun 2015 Tanggal 11 Mei 2015 Tentang “Pembentukan desa Persiapan Sama guna Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara”. Dengan keluarnya Peraturan Bupati ini maka assa ini kembali berisi, mulai dengan semngat baru, seluruh perngkat ditata dengan baik, sesuai dengan peraturan yang ada. Semngat kerja semakin ditunjukan oleh staf dengan memberikan pelayanan yang maksimal walaupun harus berswadaya, tetapi rupanya kehendak manusia hanyalah harapan, Tuhan lah yang akan menjawab semuanya terbukti kemudian pada tanggal 27 Januari 2017, Gubernur Nusa tenggara Barat dengan surat Bernomor 100/897/PEM, Hal: Pemberian Kode Register Desa Persiapan Disampaiakn kepad kami berdasarkan surat Gubernur inilah, Kenbali sebersit harapan itu muncul betapa tidak, berdasrkan kode register dari Gubernur inilah, Maka desa Persiapan ini Sudah memperoleh hak-hak operasionalnya yang akan dipergunakan untuk menjalankan roda organisasinya yang masih menata didalam masa kedepannya.

Hari-haripun kami sambut dengan penuh semangat, karena embun itu sudah dekat, tinggal selangkah lagi. Dalam menyongsong akan datangnya sebuah pengakuan baik secara DeFakto maupun Secara De Yure, namun demikian masih saja ada oknum yang membuat pernyataan yang kurang edukatif bahkan terkesan profokatif mengenai Desa ini. Saat-saat yang ditunggupun kini sudah tiba, seluruh perjuangan panjang yang sudah kami laluipun rupa-rupanya hanya menyisakan kenangan dan sejarah masa lalu, letih yang kerap dirasakan serasa lenyap dalam sekejap, saat tertulis dalam surat yang kami terima bahwa pada hari kamis tanggal 18 Juni 2020 kami diundang untuk menyaksikan penyerahan Kode Desa dari Pemerintah Pusat melaui Pemerintah Provinsi Kepada Pemerintah Daerah kabupaten lombok Utara. Dengan demikian seluruh proses dari perjalanan panjnag pemekaran Desa “SAMA GUNA” sudah usai, yang tersisa adalah kenangan yang penuh dengan lika-liku, sejarah baru akan segera dimulai, yang kita harap perjalanan Desa ini kedepan mudah-mudahan sesuai dengan cita-cita luhur dari sebuah pemekaran. Tidak terkesan rasa puas tetapi tetap melakukan hal-hal positif yang akan diwariskan untuk generasi masa depan.

“SAMA GUNA” kau dilahirkan untuk sebuah cita-cita luhur kini kau akan segera mengangkat beban berat, maka jangan kau mengeluh apalagi menjerit, retaslah seluruh kesulitanmu untuk tidak mengecewakan para pendirimu.

“SAMA GUNA” kenanglah sejarah panjang berdirimu niscaya kau akan menjadi Desa yang maju, beradab dan berbudaya.

Salam “TITI TATA TETU”

Tabel. 1. Kepemimpinan Desa Sama Guna

NO

NAMA

ALAMAT

MASA BAKTI

JABATAN

KET

1

Wardoyo, S.Pd

Kapu

2015

Kepala Desa

Pj.

2

Reselim, S.SOS

Bentek

2016

Kepala Desa

Pj.

3

Ida Bagus Jelantik Adnyana

Mataram

2017

Kepala Desa

Pj.

4

Budi Hartono, S.Pd

Langgem Sari

2018-2021

Kepala Desa

Pj.

5

Paturahman, S.Pd

Sebaro

2021

Kepala Desa

Pj.

6

Sutarjo

Dasan Tengak

2022-2028

Kepala Desa

 

 

  1. LOGO DESA

  1. Latar Belakang Lambang Berwarna:

Putih

:

Warna putih melambangkan bahwa Desa Sama Guna

Hitam

:

Warna hitam melambangkan bahwa Desa Sama Guna memiliki adat istiadat yang kental dan masih terjaga kelestariannya.

Merah

:

Warna merah melambangkan bahwa Desa Sama Guna memiliki pemerintahan yang sah

Hijau

:

Warna hijau melambangkan bagian wilayah Desa Sama Guna yang terdiri dari lahan pertanian yaitu persawahan dan perkebunan.

 

  1. Makna Kata Titi Tata Tetu

Titi

:

Artinya teliti pada diri sendiri baik dalam sikap, perilaku, beragama maupun teliti dalam berbangsa dan bernegara sehingga tidak menimbulkan kerugian pada diri sendiri maupun orang lain

Tata

:

Artinya menata diri atau memperbaiki diri baik sikap dan prilaku

Tetu

:

Artinya Betul-betul teliti dalam menata diri sehingga menjadi pribadi yang memiliki sikap dan mental yang baik berlandaskan norma-norma agama sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

  1. Gambar Yang Terkandung Dalam Logo Sama Guna

Dulang

:

Melambangkan Pemerintah Desa Sama Guna menjadi pelayan dan pengayom masyrakat dengan menjadikan kesejahtraan dan keamanan masyrakat hal yang utama.

Lekesan 1 kojong 5 isi  

:

Melambangkan 5 Rukun Islam dan pemrintahan di Desa Sama Guna mencerminkan nasionalisme dengan berpedoman pada pancasila

Bundaran

:

Melambangkan bahwa Desa Sama Guna adalah satu kesatuan antara Tokoh Agama, Tokoh Masyrakat, Tokoh adat Istiadat, dan Tokoh pemuda untuk bersinergi membangun Desa Sama Guna

Bintang

:

Melambangkan bahwa masyrakat Desa Sama Guna adalah masyrakat yang berketuhanan sesuai dengan pancasila sebagai landasan utama

Padi dan Kapas

:

Melambangkan kemakmuran Desa Sama Guna dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok, karena pada dasarnya Desa Sama Guna memiliki Sumber Daya alam yang melimpah.

 

  1. KONDISI GEOGRAFIS DESA
  2. Letak Wilayah

Secara geografis  Luas wilayah Desa Sama Guna  : 4.783/Ha (Empat Ribu Tujuh Ratus Delapan Puluh Tiga Hektar Persegi).Desa Sama Guna  merupakan salah satu Desa dari 7 ( Tujuh )  Desa yang ada diwilayah Kecamatan Tanjung  Kabupaten Lombok Utara,secara administratif Desa Sama Guna memiliki batas batas wialayah sebagai berikut :

  1. Sebelah Utara : Desa Jenggala dan Desa Tanjung
  2. Sebelah Selatan : Lombok Barat
  3. Sebelah Timur : Desa Bentek; dan
  4. Sebelah Barat : Desa Tanjung dan Desa Tegal Maja
  5. Peruntukan Lahan

Dilihat dari geografi dan topografi wilayah Desa Sama Guna dengan Luas wilayah sekitar 4.783  Km/Ha. Desa Sama Guna berada diketinggian antara 10 Mdpl, curah hujan rata-rata 89 Mm/tahun dengan suhun rata-rata antara 23-34ºc. Dari 4.783 Ha luas wilayah Desa Sama Guna digunakan 72,28 ha untuk area persawahan dan untuk area perkebunan sebanyak 513 ha. Potensi pertanian yang dimiliki Desa Sama Guna adalah Padi dan Palawija (Kacang tanah, kedelai, jagung)  Perkebunan Kelapa, Kopi, Pisang, Jambu Mente dan tanaman kakao.

  1. Luas Wilayah

Dilihat dari geografi dan topografi wilayah Desa Sama Guna dengan Luas wilayah sekitar 4.783  Km/Ha, lahan tersebut dipergunakan untuk:

No

Uraian

Luas (Ha)

1

Kehutanan

2643 Ha

 

Perkebunan

1864 Ha

2

Persawahan

95 Ha

3

Permukiman

181 Ha

4

Tanah Fasilitas Umum

 

 

· Sekolah

· Postu

· Masjid

· Vihara

· Musholla

 

· 6 Buah

· 1 Buah

· 6 Buah

· 5 Buah

· 7 Buah

 

Dilihat dari Geografi dan Topografi wilayah Desa Sama Guna dengan Luas wilayah Desa Sama Guna sekitar 4.783  Km/Ha. Desa Sama Guna berada diketinggian antara 30 Mdpl, curah hujan rata-rata 89 Mm/tahun dengan suhun rata-rata antara 23-34ºc. Dari 4.783 Ha luas wilayah Desa Sama Guna digunakan 94,21 Ha untuk area persawahan dan untuk area perkebunan sebanyak 1.864 Ha. Potensi pertanian yang dimiliki Desa Sama Guna adalah Padi dan Palawija (Kacang tanah, kedelai, jagung)  Perkebunan Kelapa dan tanaman kakao.

Cakupan wilayah Desa Sama Guna meliputi:

  1. Dusun Bimbi Jangkar;
  2. Dusun Gerenggeng;
  3. Dusun Dasan Tengak;
  4. Dusun Kapu;
  5. Dusun Langgem Sari;
  6. Dusun Montong;
  7. Dusun Kroya, dan
  8. Dusun Sebaro.
  1. DEMOGRAFI

Secara administrasi Desa Sama Guna pada Tahun 2021/2022 Memiliki Jumlah Penduduk Sebanyak 5.052 Jiwa dengan 1.658 Kepala keluarga terdiri dari 2.515 Jiwa penduduk laki-laki dan 2.537 Jiwa penduduk perempuan. Penduduk tersebut tersebar di 9 Dusun yang ada Di Desa Sama Guna.

Gambar 1. Peta Desa Sama Guna

 

Tabel 3. Pembagian Wilayah Administrasi Desa Sama Guna

No

Dusun

Penduduk

L+P

Jumlah KK

Luas Km

Laki-Laki

Perempuan

1

Bimbi Jangkar

243

257

500

155

 

2

Gerenggeng

303

282

585

171

 

3

Dasan Tengak

405

449

854

287

 

4

Kapu

562

575

1137

375

 

5

Langgem Sari

136

144

280

99

 

6

Montong

483

462

945

315

 

7

Keroya

162

145

307

307

 

8

Sebaro

133

139

272

92

 

9

Selebung

88

84

172

60

 

 

 

Tabel 4. Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur

No

Rentang (Tahun)

Jumlah

Laki-laki

Perempuan

 

1. 

0 - 5

 

150

139

 

2. 

6 – 10

 

222

186

 

3. 

11 – 15

 

222

215

 

4. 

16 – 20

 

203

195

 

5. 

21 – 25

 

175

194

 

6. 

26 – 30

 

172

180

 

7. 

31 – 35

 

229

226

 

8. 

36 – 40

 

213

198

 

9. 

41 – 45

 

211

225

 

10. 

46 – 50

 

189

229

 

11. 

51 – 55

 

185

182

 

12. 

56 – 60

 

118

129

 

13. 

61 – 65

 

106

131

 

14. 

66 – 70

 

58

52

 

15. 

71- 75

 

41

54

 

16. 

76 Ke atas

 

60

67

 

 

  1. PENDIDIKAN

Untuk dapat melasanakan pendidikan dengan baik, maka dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan Ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa. mempertinggi budi pekerti, memperoleh keperibadian, mempertebal semangat kebangsaan sehingga tumbuh menjadi manusia yang berkwalitas dalam membangun dirinya sediri serta bersama-sama bertanggung jawab terhadap pembangunan bangsa

Tabel 5. Keadaan Penduduk berdasarkan Tingkat Pendidikan

No

Rentang (Tahun)

Jumlah

Laki-laki

Perempuan

 

1. 

Tidak/Belum Sekolah

 

814

987

 

2. 

Belum Tamat SD/ Sederajat

 

395

388

 

3. 

Tamat SD/Sederajat

 

489

525

 

4. 

SLTP/Sederajat

 

291

312

 

5. 

SLTA/Sederajat

 

439

277

 

6. 

Diploma I/II

 

9

6

 

7. 

Akademi/Diploma III

 

13

32

 

8. 

Diploma IV / S1

 

101

73

 

9. 

Strata II

 

3

2

 

10. 

Strata III

 

 

 

 

 

Tabel 6. Jumlah Sarana Pendidikan di Desa Sama Guna

 

No

Tingkat Pendidikan

Sekolah

Jumlah

Keterangan/

Nama

Negeri

Swasta

1

PAUD

-

2

2

Paud Al-Najma Garden

Paud Kasih Bunda

2

TK

1

-

1

TK Sama Guna

3

KB

-

-

-

-

4

TPQ

-

4

4

TPQ Nurul Yaqin Sebaro

TPQ Nurul Jihad Montong

TPQ Raudhatul Jannah

TPQ Al-Ghaazali Kapu

5

SD/Sederajat

6

-

6

SDN 1 Jenggala

SDN 3 Jenggala

SDN 4 Jenggala

SDN 5 Jenggala

SDN 6 Jenggala

SDN 7 Jenggala

5

SLTP/Sederajat

1

1

2

MTS AL- Istiqomah Kapu

MTSN 1 Tanjung

6

SMU/Sederajat

-

1

1

MA AL- Istiqomah Kapu

 

Berdasarkan data diatas bahwa fasilitas untuk pendidikan cukup memadai bila di bandingkan dengan jumlah penduduk usia sekolah.Tingkat kesadaran masyarakat Desa Sama Guna terhadap pendidikan cukup tinggi dari jumlah anak yang mengikuti pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai ke perguruan Tinggi (PT) Negeri dan Swasta,dari hasil data tahun 2018 yang masih mengikuti pendidikan berjumlah 2.345 Orang

 

  1. KESEHATAN

Tabel 7. Keadaan Penduduk Dilihat Dari Segi Kelahiran,Kematian dan Kesehatan Masyarakat

No.

Jenis Kesehatan Masyarakat

Jumlah

1

2

3

4

5

6

7

8

Balita

Balita Gizi buruk

Air Bersih/Perpipaan/PDAM

Memiliki WC

Yang Buang Hajat di Kebun

Penyakit Jantung

Struck

Diabetes

 Orang

 Orang

 KK

 KK

 KK

 Orang

 Orang

 Orang

 

  1. Sarana dan prasarana Kesehatan yang ada di Desa Sama Guna  dapat disajikan dalam tabel sebagai berikut:

Tabel 8. Prasarana Kesehatan di Desa Sama Guna

No

Fasilitas

Jumlah

1

Poskesdes

 

2

Polindes

 

3

Postu

 

4

Balai Posyandu

 

 

 

 

Adapun jarak tempuh terjauh warga Desa Sama Guna ke Puskesmas terdekat adalah 6 km atau 20 menit. Dan apabila menuju rumah sakit terdekat dapat ditempuh selama 10 menit.

 

  1. SOSIAL BUDAYA

Pembangunan sosial merupakan pendukung pembangunan ekonomi dan pembangunan lainnya, untuk itu pembangunan ini hendaknya dilasanakan secara terpadu.

Adapun sasaran pokok dari pembangunan sosial budaya adalah meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan sosial budaya. Dalam perkembangan sosial budaya Desa Sama Guna, kami membahas beberapa hal pokok sbb :

  • Suku :secara umum bahwa penduduk Desa Sama Gunamemiliki suku yaitu suku sasak dengan berbahasa sasak campuran.
  • Agama :sebagian besar masyarakat Desa Sama Guna mayoritas agama Islam sekitar 93,86 %.

Tabel 10.Sarana Ibadah

No

Nama Sarana

Jumlah

1

Masjid

 

2

Musholla

 

3

Wihara

 

4

Gereja

 

5

Pura

 

 

  • Adat :secara umum adat dibagi dalam beberapa bagian yaitu :

 

Tabel 11. Bagian Kegiatan Adat yang ada di Desa Sama Guna

No

Nama Adat

Kegiatan

Keterangan

1

Adat Istiadat

Ziarah Kubur

Hari Besar Islam

2

Adat Pernikahan

Nyongkolang

Mengantar istri kerumah mertua

3

Adat Tafsilla

Zikiran

Acara selamatan

4

Adat Krama

Pinangan

Meminang calon istri

5

Adat Laut

Nyawen/Selamatan

Syukuran atas hasil laut dan upaya menolak bala

 

  • Budaya Kesenian :sebuah organisasi masyarakat sebagai bentuk kerjasama untuk saling mengikat didalam suatu kegiatan.

 

Tabel 12. Nama Kesenian yang ada di Desa Sama Guna

No

Nama Kesenian

Alamat Dusun

Jumlah

1

Kecimol

Kapu

1

2

Gendang Beleq

Montong

1

3

Musik Band

Dasan Tengak

Langgem Sari

2

4

Tawaq-tawq

Langgem Sari

1

 

  • Sarana Olah Raga

Tabel 13. Sarana olahraga yang ada di Desa Sama Guna

No

Nama Olah Raga

Jumlah

Lokasi

1

Bola Volley

3 Group

Montong, Kapu, Sebaro

2

Sepak bola

4 Group

Montong, Sebaro, Kroya, Kapu

3

Bulu Tangkis

-

 

4

Sepak Takraw

-

 

5

Tenis Meja

3 Group

Sebaro, Keroya, Montong

6

Gangsing

2 Group

Dasan Tengak, Kapu

7

Catur

-

 

8

Futsal

4 Group

Kapu, Keroya, Montong, Sebaro

 

  1. PEREKONOMIAN DESA

Perekonomian Desa Sama Guna secara umum di dominasi pada sektor pertanian dan Perkebunan, yang sistem pengelolaannya masih tergolong tradisional (pengolahan lahan atau pola tanam maupun pemilihan komoditas produk pertanian dan perkebunan).

Untuk lahan basah (sawah) masih monoton pada unggulan padi dan sedikit palawija, hal ini diakibatkan adanya struktur tanah yang mungkin belum tepat untuk produk unggulan pertanian diluar sentra padi dan persoalan mendasar lainnya adalah sistem pengairan yang kurang baik sehingga berdampak adanya kekurangan air jika pada saat musim kemarau. Oleh karenanya harus ada langkah strategis dalam mengatasi persoalan pertanian dengan melakukan berbagai upaya-upaya : Perbaikan sistem irigasi/pengairan ; pengunaan teknologi tepat guna ; perbaikan pola tanam dan pemilihan komoditas alternatif dengan mengkomunikasikannya kepada pihak-pihak terkait (dinas pengairan, dinas pertanian).

Sedangkan untuk lahan Perkebunan produk unggulan masih di dominasi oleh tanaman Kelapa, Kopi, coklat, pisang, jambu mente dan tanaman perkebunan lainya, di samping itu masih banyak lahan yang belum termanfaatkan secara produktif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Langkah alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah melakukan penyuluhan-penyuluhan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan ; pengadaan bibit-bibit tanaman produktif dengan melibatkan instasi terkait (dinas kehutanan, dinas pertanian dan perkebunan).

Desa Sama Guna dapat dikategorikan sebagai salah satu desa swakarsa bila melihat dari kondisi mata pencaharian masyarakat yaitu mata pencaharian sector pertanian Perkebunan, kerajinan, perkebunan, dan peternakan. Meskipun dalam pendataan terakhir mengindikasikan adanya perkembangan ditingkat ekonomi masyarakat akan tetapi dari 1.801 Kepala Keluarga yang ada, sebanyak 671 KK masih tergolong miskin atau berdasarkan prosentase sekitar 37,25 % masih tergolong tidak mampu (sumber dari Basis Data Terpadu, Jamkesmas, PKH dan Jamkesda) itupun masih banyak kepala keluarga yang mengajukan Surat Keterangan Tidak Mampu untuk mendapatkan rekomendasi pembebasan dari biaya di Rumah Sakit atau untuk pendidikan anaknya.

Dengan hal tersebut menunjukkan betapa masih lemahnya kondisi ekonomi masyarakat karena disamping IPM masyarakatnya masih rendah juga disebabkan sumber mata pencaharian dan angkatan kerja sangat rendah.

 

Tabel 14. Jumlah masyarakat miskin di Desa Sama Guna:

No

Uraian

Jumlah

1

Kepala Keluarga

 

2

Keluarga Prasejahtera

 

3

Keluarga Sejahtera 1

 

4

Keluarga Sejahtera 2

 

5

Keluarga Sejahtera 3

 

6

Keluarga Sejahtera 4

 

 

Tabel 15. Keadaan Penduduk Dilihat Dari Mata Pencaharian Masyarakat

 

No.

Jenis mata pencaharian

Jumlah

Persentase

1

Petani/Pekebun

 

 

2

Pedagang/Pengusaha

 

 

3

Buruh Tani

 

 

4

Buruh lepas

 

 

5

Pertukangan

 

 

6

Karyawan Honorer

 

 

7

PNS

 

 

8

Polri

 

 

9

TNI

 

 

10

Karyawan Swasta

 

 

11

Pengemudi / Tukang Ojek

 

 

12

Guru

 

 

13

Nelayan

 

 

14

Pensiunan

 

 

15

Industri

 

 

16

Transportasi

 

 

17

Buruh peternakan

 

 

18

Mekanik

 

 

19

Dokter

 

 

20

Bidan

 

 

21

Perawat

 

 

 

Tabel 16.Prasarana Ekonomi di tinjau dari segi pendapatan masyarakat

No

Jenis Tanaman Hasil Petani

Luas (Ha)

1

Padi

- Hasil Perhekter

- Biaya Pemupukan/Ha

- Biaya Bibit/Ha

- Biaya Obat/Ha

 

2

Jagung

- Hasil Perhekter

- Biaya Pemupukan/Ha

- Biaya Bibit/Ha

- Biaya Obat/Ha

 

3

Kedelai

- Hasil Perhekter

- Biaya Pemupukan/Ha

- Biaya Bibit/Ha

- Biaya Obat/Ha

 

4

Mente

- Hasil Perhekter

- Biaya Pemupukan/Ha

- Biaya Bibit/Ha

- Biaya Obat/Ha

 

5

Kakao

- Hasil Perhekter

- Biaya Pemupukan/Ha

- Biaya Bibit/Ha

- Biaya Obat/Ha

 

6

Kelapa

- Hasil Perhekter

- Biaya Pemupukan/Ha

- Biaya Bibit/Ha

- Biaya Obat/Ha

 

7

Ubi

- Hasil Perhekter

- Biaya Pemupukan/Ha

- Biaya Bibit/Ha

- Biaya Obat/Ha

 

9

Pisang

- Hasil Perhekter

- Biaya Perawatan

 

 

 

Tabel 17. Keadaan Penduduk Dilihat Dari Kepemilikan Ternak

 

No.

Jenis Ternak

Jumlah

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

Sapi

Kuda

Kambing

Domba

Itik

Kerbau

Ayam kampung

Ayam Potong

Ayam Petelur

Kelinci

Puyuh

860 Ekor

-

209 Ekor

-

-

1 Ekor

945 Ekor

-

-

-

-

 

  1. SARANA DAN PRASARANA DESA

Gambaran fasilitas pemerintahan yang ada di Desa Sama Guna meliputi jenis dan jumlah fasilitas adalah sebagai berikut:

 

  Tabel 18. Sarana dan Prasarana Desa Sama Guna

No

Jenis Fasilitas

Jumlah Fasilitas

1

 

 

 

 

Fasilitas Pemerintahan Desa

 

- Balai Dusun

-

- - Aula Kantor Desa

1

- Kantor PKK

1

- Sekretariat  BUMDES

-

- Sekretariat BPD

1

2

Fasilitas Peribadatan

 

- Masjid

6

- Musholla

7

- Vihara

5

3

Fasilitas Pendidikan

 

- Gedung PAUD

1

- Gedung TK

1

- Gedung SDN

6

 

- Gedung MI

-

 

- Gedung MTs

1

 

- Gedung MA

1

4

Fasilitas Kesehatan

 

-  Puskesmas Pembantu

1

- Gedung Posyandu

6

- Poskesdes/Polindes

-

- MCK UMUM

-

- Ambulan Desa (tiga roda)

-

5

Fasilitas Kelompok

 

 

- Pondok Pertemuan P3A

-

 

- Pos Kamling/Pos Ronda

1

 

- Lapangan Badminton

-

 

- Tenis Meja

-

 

- Perpustakaan/TBM

-

 

Tabel 19. Sarana Dan Prasarana

 

No.

Status Jalan

Jumlah

Panjang

1

2

3

4

Jalan Provinsi/Negara

Jalan Kabupaten

Jalan Desa

Jalan Usaha Tani

-

2

 

1

-

7 Km

 

1,5 Km

 

Tabel 20.Nama –Nama Perusahaan yang ada di Desa Sama Guna

No

Nama

Alamat

Directur

1

Sasak Narmada

 

Kelana

2

Cv. Budi Gozika

Montong

Jumak

3

UD. Odi Dee

Langgem Sari

Yodi Chyanto

4

UD. Manda

Langgem Sari

Manda

5

CV. Jihan

Dasan Tengak

Mutiali

6

CV. Dayan Gunung

Dasan Tengak

Raden Satriadi

7

CV. Cahaya Utara

Kapu

Suhaefudin

8

Kedai Nongki

Langgem Sari

Wira Senja

 

Komentar atas PROFIL DESA SAMA GUNA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Waktu Hari Ini

Subscribe Youtube

PETA KANTOR DESA

Lokasi SAMA GUNA

tampilkan dalam peta lebih besar