Menjaga Ketahanan Pangan di Desa Sama Guna Pemdes Membagiakan Sapi Ke Masyarakat

Denawanto 06 Maret 2024 01:28:45 WIB

https://samaguna.lombokutarakab.go.id . Pemerintah Desa Sama Guna menyerahkan Bantuan ketahanan pangan kepada warga masyarakat tidak mampu di 9 Dusun yang ada Di Desa Sama Guna. Bantuan ketahanan pangan ini di berikan dalam bentuk indukan Sapi Program Dana Desa Tahap 1 tahun 2024, Rabu 28 Februari 2024 di Kantor Desa Sama Guna.

Dalam penyampaianya kepala Desa Sama Guna (Sutarjo) mengatakan "Kami Bagikan sapi sebanyak 18 ekor untuk 9 dusun, Tapi untuk Tahap I Kami 10 ekor dan 8 ekor di Tahap II". Program ketahanan pangan ini bersumber dari Dana Desa (DD) yang digunakan sebanyak 180 Juta Rupiah sebelum di potong pajak, sehingga jumlah bantuan yang akan diberikan menjadi 18 Ekor Sapi dan di bagi menjadi 2 Tahap penyaluran.

Program ketahanan pangan Di Desa Sama Guna Sudah Berjalan selama 2 Tahun Terakhir mulai dari pemberian Bibit Madu Trigona, Bibit Ayam, Bibit Kambing, dan yang terakhir Indukan Sapi Untuk Warga Masyarakat Desa Sama Guna. 

Dalam penerimaan bantuan sapi ini, masyarakat penerima diwajibkan melakukan penandatanganan fakta integritas. Hal ini agar sapi yang diberikan bisa dipertanggungjawabkan baik secara adminstrasi maupun pemeliharaannya.Selain itu, sebagai bentuk pengawasan dari pihak desa terhadap bantuan tersebut.

Setelah bantuan sapi ini melahirkan anak dan setelah umur 6-8 bulan, anak sapi tersebut diberikan kepada calon penerima selanjutnya. Penerima selanjutnya ini tetap warga tidak mampu berdasarkan rekomendasi desa. Bantuan ini akan berputar seperti itu, namun masyarakat tidak ada kewajiban mengembalikan ke desa.

Komentar atas Menjaga Ketahanan Pangan di Desa Sama Guna Pemdes Membagiakan Sapi Ke Masyarakat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Waktu Hari Ini

Subscribe Youtube

PETA KANTOR DESA

Lokasi SAMA GUNA

tampilkan dalam peta lebih besar