KKN UNRAM Membantu Kegiatan Posyandu Keluarga di Dusun Kapu Desa Sama Guna Kec. Tanjung Lombok Utara

Denawanto 07 Januari 2022 00:02:04 WIB

Desa Sama Guna. Kegiatan posyandu keluarga setiap bulan di Desa Sama Guna, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan posyandu ini dilakukan di 6 dusun, yaitu Dusun Dasan Tengak, Dusun Kapu, Dusun Beriri, Dusun Montong, Dusun Sebaro, dan Dusun Bimbi Jangkar. Kamis, 6 Januari 2022 ini dilaksanakan posyandu keluarga di Dusun Kapu.

Posyandu keluarga merupakan trobosan dalam upaya menanggulangi masalah kesehatan, dengan pendekatan keluarga yang melaksanakan kegiatan secara rutin tiap bulannya, dengan cakupan 5 program utama (KIA, KB, Imunisasi, Gizi, dan Diare). Posyandu keluarga bertujuan untuk meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan dasar yang komprehensif dan terintregasi, sejalan dengan RPJMD Provinsi NTB.

Posyandu yang terdapat di Desa Sama Guna ini bernama Posyandu Mekar Sari. Posyandu keluarga ini tidak hanya melayani bayi namun ibu hamil dan juga lansia. Bidan yang bertugas pada posyandu ini sebanyak 2 orang yaitu Ibu Dita Asmaya dan Ibu Dende Supiati, dengan jumlah kader posyandu balita sebanyak 5 orang dan jumlah kader posyandu keluarga sebanyak 2 orang.

Setiap kegiatan posyandu keluarga dilaksanakan, diadakan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Pemberian PMT ini diberikan setelah selesai kegiatan pelayanan posyandu baik dari penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar lengan, pengukuran lingkar perut, serta pengukuran tensi, maka barulah PMT diberikan kepada balita. Menu PMT yang diberikan pada bulan Januari di posyandu Dusun Kapu yaitu telur rebus dengan kandungan gizi yaitu protein. Posyandu yang dilaksanakan di Dusun Kapu ini memiliki sasaran ibu hamil sebanyak 13 orang dan sasaran balita sebanyak 98 orang.

Kegiatan Posyandu Keluarga Mekar Sari ini dilakukan berdasarkan protokol kesehatan.

Penulis: KKN UNRAM

 

Komentar atas KKN UNRAM Membantu Kegiatan Posyandu Keluarga di Dusun Kapu Desa Sama Guna Kec. Tanjung Lombok Utara

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Waktu Hari Ini

Subscribe Youtube

PETA KANTOR DESA

Lokasi SAMA GUNA

tampilkan dalam peta lebih besar