Mengalami Kenaikan Angka Stunting Desa Sama Guna Mengadakan Rapat Triwulan Kovergensi Stunting

Denawanto 26 Desember 2022 03:35:48 WIB

https://samaguna.lombokutarakab.go.id/web/form/1/1/0/248 - Pemerintah Desa Sama Guna melaksanakan kegiatan Rapat Triwulan Konvergensi Stunting Desa Sama Guna Program Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2022 di Aula Endri's Foundation Senin, 19 Desember 2022.

Berdasarkan data yang disampaiakan oleh petugas gizi Puskesmas Tanjung Kabupaten Lombok Utara Siti Sartika, Amd.,gz menyampaikan bahwa di stunting di Desa Sama Guna mengalami keanikan dari angka 71 Orang menjadi 84 Orang pada posyandu Desember 2022.

Menanggapi hal tersebut Kepala Desa Sama Guna (Sutarjo) mengharapkan seluruh stakeholder yang ada di Desa Sama Guna untuk kita bersama-sama berusaha mencegah dan menurunkan angka stunting di Desa Sama Guna. Beliau mengatakan masalah stunting merupakan maslah yang sangat riskan karena bisa dilihat dari berbagai aspek terutama tinggi badan dan berat badan, mengingat di Desa Sama Guna rata-rata penduduknya memiliki tinggi badan yang kadang-kadang kurang dari rata-rata (faktor genetik).

Dalam hal ini juga Kepala Desa Sama Guna menegaskan kepada seluruh kader posyandu keluarga untuk benar-benar memperhatikan betul pada saat penimbangan dan pengukuran tinggi badan balita karena hal ini merupakan faktor penentuk apakah anak tersebut masuk katagori stunting atau tidak.

Senada dengan yang disampaikan oleh ketua BPD Desa Sama Guna (Saptadi) bahwa salah satu faktor terjadinya stunting yaitu kesalahan pada saat penimbangan dan pengukuran tinggi badan pada saat posyandu. hal ini bisa terjadi karena banyak faktor mulai dari anaknya yang sulit atau tidak mau di timbang sampai alat pengukuran yang tidak memadai.

Berdasarkan pengalaman dilapangan KPMD Desa Sama Guna menyampaikan bahwa kalau mau mendapatkan data yang kongkrit dan akurat maka ada 2 item yang harus mendukung:

  1. Sumber Daya Manusia atau Kader yang berkompeten
  2. Alat yang memadai diantaranya Timbangan digital, Lenghtboard

Dengan Data dan Fakta yang ada dilapangan seperti tersebut di atas maka pemerintah Desa Sama Guna mengambil beberapa langkah untuk mempercepat penurunan angka stunting di Desa Sama Guna:

  1. Pelatihan Kader Posyandu Keluarga
  2. Pemeliharaan ulang alat posyandu yang sudah ada
  3. pelaksanaan kelas ibu hamil
  4. menambah peralatan posyandu yang belum ada seperti Lengboard dan tikar stunting

Serta pemerintah Desa Sama Guna akan memperogramkan penanaman Padi Inpari IR Zinc serta penanaman sayuran dipekarangan rumah warga untuk warga tetap mengkonsumsi sayur-sayuran sehat.

Komentar atas Mengalami Kenaikan Angka Stunting Desa Sama Guna Mengadakan Rapat Triwulan Kovergensi Stunting

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Waktu Hari Ini

Subscribe Youtube

PETA KANTOR DESA

Lokasi SAMA GUNA

tampilkan dalam peta lebih besar